Sarana dan Fasilitas

 

Kampus

Porgram Studi Hukum Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (PSHI FIAI UII) terletak di Kampus Terpadu UII Jl. Kaliurang KM 14,5 Yogyakarta menempati geduang K.H. Wachid Hasyim, yang merupakan salah satu unit bangunan UII. Lokasinya sangat kondusif karena jauh dari perkotaan dan sangat hijau serta sejuk dengan akses transportasi yang mudah dari pusat kota Yogyakarta. Fasilitas perkuliahan sangat nyaman dan memadai ditunjang dengan berbagai sarana-prasarana pendukung seperti ruang perkuliahan, ruang seminar, perpustakaan, parkir kendaraan yang luas, dan teknologi canggih.

Setiap ruang kelas dilengkapi dengan meja dan kursi, papan tulis, overhead projector, LCD. Seluruh peralatan dalam kondisi baik dan senantiasa diperbaharui dengan mengikuti perkembangan dan disesuaikan berdasarkan frekuensi perkuliahan dan peserta untuk setiap waktu perkuliahan.

Perpustakaan

Perpustakaan PSHI FIAI UII dilengkapi berbagai koleksi buku, referensi, publikasi khusus, dan karya lainnya yang berjumlah ribuan ditambah dengan koleksi kitab-kitab berbahasa Arab yang didatangkan langsung dari pemerintah Arab Saudi melalui kerjasama antara Pusat Dakwah dan Pengabdian Masyarakat (PDPM) FIAI UII dengan Kedubes Arab Saudi di Jakarta.

Perpustakaan tersebut telah terkoneksi dengan perpustakaan lain di sekitar Yogyakarta. Secara internal, perpustakaan FIAI telah terintegrasi dengan perpustakaan pusat UII. Untuk memudahkan proses pencarian, UII telah membangun sebuah Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan (SIMPUS), sehingga mudah diakses oleh mahasiswa melalui komputer yang tersedia di ruang perpustakaan.

Untuk kenyamanan pengunjung, ruang perpustakaan dilengkapi dengan AC (air conditioner), fasilitas internet gratis yang dapat mengakses informasi dari berbagai sumber bacaan, musola, toilet, serta musem UII.

Laboratorium

PSHI FIAI UII dilengkapi dengan laboratorium komputer, ruang simulasi persidangan (sidang semu), laboratorium hisab dan rukyat tradisional dan modern, yang dapat dipraktikan langsung dilapangan dengan staf-staf handal dibidangnya.

Situs Web

Untuk menyebarluaskan informasi dan menjalin komunikasi, PSHI FIAI telah memiliki website yang dapat diakses dimanapaun. Selain itu, juga disediakan forum diskusi intelektual dan ruang publikasi ilmah bagi dosen dan mahasiswa, serta bahan-bahan kuliah yang dapat diunduh di http://islamic-law.uii.ac.id

Jurnal "Al-Mawarid"

Jurnal berfungsi sebagai media publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa. Jurnal Al-Mawarid diterbitkan sejak tahun ??? dan terbit rutin tiap semester. Jurnal tersebut diasuh oleh tim sesuai dengan linearitas dan pakar keilmuan dalam bidang syari’ah.

Ikatan Alumni

Setiap alumni PSHI otomatis akan menjadi anggota alumni keluarga UII. Assosiasi ini bukan bagian dari manajemen UII, tapi itu adalah sebuah organisasi independen yang berfungsi menjaga silaturahim keluarga besar UII yang berorientasi untuk membantu pengembangan UII sesuai dengan prinsip-prinsip pendiriannya.

 

 


Print   Bookmark and Share