Bantuan Biaya Pendidikan Bidik Misi

SASARAN PROGRAM

Sasaran program ini adalah lulusan satuan pendidikan SMA/ SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun 2014 dan 2015 yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik.

PERSYARATAN

Persyaratan untuk mendaftar tahun 2015 adalah sebagai berikut:

  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2015
  • Lulusan tahun 2014 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguran tinggi
  • Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  • Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
  1. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM)
  2. Pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau sejenisnya
  3. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp. 3.000.000,00 per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan nonformal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau
  4. diperoleh. Untuk pekerjaan nonformal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau
  5. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,00 setiap bulannya.
  • Pendidikan orangtua/wali setingi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma IV
  • Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah
  • Pendaftar difasilitasi untuk memilih PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS

KUOTA PENERIMA BANTUAN PEMBIAYAAN

Kuota PTS melalui seleksi mandiri ditetapkan oleh Kopertis berdasarkan: (1) jumlah program studi yang memenuhi persyaratan akreditasi, dengan proporsi maksimal 20% dari total mahasiswa baru; (2) kondisi geografis, karakteristik social ekonomu sekitar perguruan tinggi untuk kekhususan wilayah 3T; (3) ketaatan perguruan tinggi terhadapa azas pengelolaan yang baik; (4) permintaan perguruan tinggi swasta. Kuota untuk PTS termasuk penentuan program studi dilakukan oleh Ditjen Dikti bersama Kopertis Wilayah dengan kriteria khusus.

KOMPONEN PEMBIAYAAN

Sebagai Penerima Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi di Universitas Islam Indonesia, mahasiswa berhak untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang meliputi:

  • Biaya Pendaftaran Masuk Perguruan Tinggi
  • Bantuan biaya penyelenggaraan yang dikelola perguruan tinggi, maksimal Rp. 2.400.000,00 (dua juta empat ratus ribu rupiah) per-semester per-mahasiswa yang dapat digunakan untuk:
  1. Biaya yang dibayarkan saat pertama masuk ke perguruan tinggi
  2. UKT Khusus Bidikmisi/SPP/Biaya kuliah yang dibayarkan ke perguruan tinggi
  3. Penggunaan lain sesuai rencana kerja dan anggaran perguruan tinggi
  4. Penggunaan lain sesuai rencana kerja dan anggaran perguruan tinggi
  5. Bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada Pihak Kedua, minimal sebesar Rp. 3.600.000,00 (tiga juta enam ratus ribu rupiah) per-semester dengan ketentuan:
  • Perguruan tinggi menetapkan besaran bantuan biaya hidup melalui SK Rektor/Direktur/Ketua
  • Perguruan tinggi dapat membuat kesepakatan penentuan besaran dan periode bantuan biaya hidup dengan perguruan tinggi lain dalam kabupaten/Kota yang sama
  • Biaya kedatangan atau resettlement dialokasikan sebesar 50% kuota/jumlah mahasiswa baru @ Rp. 1.500.000,00 dapat digunakan sebagai urutan prioritas sebagai berikut:
  1. Penggantian biaya transport untuk mahasiswa yang berasal dari luar kabupaten/kota untuk 1 (satu) kali dari tempat asal menuju perguruan tinggi sesuai dengan jarak dan ketentuan yang berlaku (Permenkeu Nomor 84/PMK.02/2011 atau Permenkeu Nomor 113/PMK.05/2012 bagi mahasiswa yang tidak dapat menunjukkan bukti tiket perjalanan)
  2. Biaya hidup sementara bagi calon mahasiswa yang berasal dari luar kota yang besarnya maksimum setara dengan bantuan biaya hidup 1 (satu) bulanBiaya pengelolaan (seleksi dan atau verifikasi data calon mahasiswa penerima Bidikmisi dalam bentuk penilaian berkas, visitasi, wawancara, dan sejenis)
  3. Kegiatan terkait dengan orientasi mahasiswa baru, misalnya pengenalan kehidupan kampus, bantuan pendampingan berbasis kegiatan, dll
  4. Rincian, besaran dana, serta kekurangan bantuan biaya penyelenggaraan sebagaimana dimaksud sebelumnya ditetapkan dengan Keputusan Rektor berdasarkan usulan Pengelola Beasiswa.

JANGKA WAKTU PEMBERIAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN

Bantuan biaya pendidikan Bidikmisi diberikan sejak Pihak Kedua ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi di Universitas Islam Indonesia, yaitu 8 (delapan) semester untuk program Diploma IV dan S1, serta 6 (enam) semester untuk program Diploma III
Khusus program studi yang memerlukan pendidikan keprofesian tertentu (Kedokteran Umum),

 


Print   Bookmark and Share